Pengalaman Belajar Desain Grafis Secara Otodidak
January 26, 2020
teknik belajar image cover post
Bagaimana Cara Belajar yang Efektif dan Mudah Menghafal
January 26, 2020

Wisata Jogja dan Kenangan Angkringan; Catatan Kerinduan

kenangan jogja inside post image

kenangan jogja inside post image

Wisata Jogja menjadi wisata kenangan bagi saya. Dalam perasaan terdalam ini, Jogja bukan sekedar kota biasa. Kota ini penuh dengan kerinduan, berbalut jutaan kenangan, dan tak pernah lekang oleh zaman.

Ada banyak cerita menarik selama menjalani kehidupan di Kota kecil yang ramah ini. Berikut ini saya rangkum beberapa hal yang mengundang kerinduan saya dengan Jogja.

1. Warnet

Sudah jadi rahasia umum kalau banyak warnet di Jogja punya segudang film. Bahkan saya pernah menjumpai film dari era 40-an dalam memory server warnet.

Gak cuma film jadul, film-film terbaru pun tetap bisa kamu jumpai, tapi biasanya gak baru-baru banget sih. Jadi misal sekarang bulan September 2018, yang paling baru adalah film-film yang rilis di bulan-bulan awal tahun 2018.

Biasanya saya bawa hard-disk eksternal ke warnet. Lumayan lah bayar sewa warnet 2 jam bisa dapat lebih dari 20 judul film. Bisa jadi bahan ‘bioskop’ selama sebulan. Apalagi kalau yang di copy itu tv series, bakal puas banget nontonnya.

2. Gunung Merapi

Jogja itu lekat banget sama yang namanya gunung Merapi. Gunung yang super aktif ini juga bikin kangen karena selalu nongol di depan mata ketika cuaca pagi sedang cerah. Merapi menjadi salah satu destinasi wisata jogja yang paling populer, apalagi tiket masuknya juga murah, hehehe.

Biasanya banyak mahasiswa yang bikin acara atau kegiatan kampus di Merapi. Selain udara dinginnya yang bikin sejuk, pemandangan pedesaannya juga gak ngebosenin. Mungkin itu yang jadi daya tarik bagi banyak orang berwisata ke sana.

gunung-merapi

3. Angkringan

Entah kenapa ada banyak banget angkringan di Jogja. Dan uniknya, kebanyakan penjual angkringan yang pernah saya ajak ngobrol itu hampri pasti berasal dari Klaten.

Menurut rumor yang beredar, katanya sih memang sang legenda alias orang pertama yang memperkenalkan konsep angkringan pada dunia ini adalah orang Klaten. Buat warga Jogja atau mahasiswa Jogja pasti setidaknya pernah dengar Angkringan Lek Min. Beliau orang pertama yang bikin konsep tersebut (katanya).

Di angkringan ini kita bisa beli nasi yang murah banget, ya nasi kucing namanya. Nasi kucing atau sego kucing ini dijual dengan harga bervariasi, mulai dari 1500 sampai 2000 per bungkus. Tapi saya pernah juga sih beli nasi kucing seharga 1000, pas awal-awal tinggal di Jogja, tahun 2010 an (berasa tua).

4. Burjo

Burjo ini singkatan dari Bubur kacang Ijo. Maksudnya ya semacam warung gitu dan kebanyakan orang nyebutnya Burjo. Meskipun banyak warung yang tulisannya Warmindo, tapi tetep aja kita mah ‘bodo amat’ tetep namain Burjo.

Hal paling unik dari warung burjo ini adalah kebiasaan orang yang berkunjung. Kebanyakan orang yang datang ke Burjo gak beli bubur kacang ijo, tapi malah pesen nastel (nasi telor), intel (ind*mie telor), dll. Pokoknya pesan makanan yang bikin kenyang lebih lama.

Maklum saja, karena kebanyakan orang yang tinggal di Jogja ini mahasiswa yang serba pas. Apanya yang pas? Ya pasti tahu sendirilah, hehe.

Buat saya, salah satu yang bikin nyaman tinggal di Jogja adalah warung burjo ini. Banyak warung burjo yang buka 24jam. Rasanya gak ada masalah kalau lapar tengah malam. Apalagi buat makhluk nokturnal alias liar di malam hari seperti saya.

Terimakasih para A’a Burjo. Engkau pahlawan tanpa tanda jasa.

5. Alun-alun Kidul

Kalau tempat wisata jogja yang satu ini pasti gak asing lagi buat para muda-mudi yang lagi kasmaran. Biasanya banyak banget dua sejoli tanpa merasa berdosa mempertontonkan kemesraan di depan mata seorang jomblo seperti saya.

Malam minggu biasa jadi waktu paling ramai di Alun-alun Kidul. Di sini kita bisa menyewa sepeda yang banyak lampu warna-warni untuk menghabiskan malam dengan kucuran keringat.

alun-alun kidul

Saya sendiri sebenarnya masih heran. Gini loh guys, kita nyewa sepeda, kita bayar, tapi kita genjot sendiri dan bikin capek plus keringetan. Jadi kita dibikin capek tapi harus bayar?

Hehehe, just kidding Pak de. Meskipun capek tapi sensasi naik sepeda bareng teman atau orang terkasih emang susah dilupain. Iya, susah dilupain, kaya kamu.

6. Wisata Jogja; Pastinya Deretan Pantai Gunung Kidul

Siapa yang dari tadi nungguin saya sebut point ini? Hehehe. Pasti banyak banget yang punya kenangan dengan barisan pantai-pantai cantik di Gunung Kidul bukan?

Sahabat baper, mari buang semua kenangan bersama deburan ombak yang membawa kedamaian. (reader: “tolong jangan curhat mas”).

Oke kembali ke topik. Deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul merupakan destinasi wisata jogja favorit buat kebanyakan mahasiswa yang pernah tinggal di Jogja.

Favorit saya adalah pantai Baron dan Wediombo. Pantai Baron (kata orang Jogja sih nyebutnya pantai Mbaron) punya ombak yang relatif kecil dan bentuknya seperti teluk. Rasanya nyaman banget berlama-lama di pantai ini.

Selain pantai Baron. favorit saya berikutnya adalah pantai Wediombo. Meskipun lokasinya agak jauh dibanding kebanyakan pantai-pantai lainnya, namun suasana nyaman ketika menjelang sunset bikin ketagihan.

pantai-wediombo

Pantai ini menghadap ke barat, sehingga sunset terasa begitu syahdu. Warna lembayung kuning yang muncul ketika matahari segera terbenam, ditambah suara deburan ombaknya, membuat sensasi kenangan yang luar biasa.

Jogja dengan segala kenangannya membuat siapapun jatuh hati ingin kembali ke kota ini.

Demikian tetes kerinduan yang ingin saya sampaikan. Kalau teman-teman punya kenangan indah lain di kota ini, silahkan bisa sharing di kolom komentar yaa. Sampai jumpa lagi Jogja.

Kalau kamu punya kenangan menarik, unik, dan seru, yuk bagikan kenangan itu untuk pembaca lain justaris.com dengan berkomentar di bawah.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... Saya Aris, IT Project Manager sekaligus penulis website ini. Semoga apa yang saya bagikan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda secara personal ataupun untuk bisnis Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar atau bisa email saya dengan klik "Konsultasi Digital Tech" yang ada di menu kanan atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap