Prinsip Bisnis Sukses dari Seorang Jack Ma
January 25, 2020
bisnis waralaba cover
Bisnis Waralaba; Pengertian dan Analisis Prospek
January 26, 2020

Manfaat Belajar Marketing, Meskipun Kamu Bukan Seorang Marketer

belajar marketing cover

belajar marketing

Belajar marketing merupakan hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali manfaat dari ilmu marketing yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang menyangka bahwa marketing hanya membahas urusan jualan. Padahal lebih dari itu, dengan belajar marketing kamu mampu membangun image positif dalam banyak hal. Tidak hanya bagi produk dan perusahaan, dengan belajar marketing kamu juga mampu membangun karakter kepribadian yang lebih positif.

1. Belajar Marketing, Karena Semua Pekerjaan Adalah Menjual.

Jangan mengira bahwa kamu yang bekerja sebagai karyawan di toko ataupun perusahaan bukanlah seorang penjual. Kamu telah “menjual diri” kamu dengan harga sebesar gaji yang kamu dapatkan. Gaji adalah harga yang disepakati atas skill atau kemampuan yang telah kamu berikan pada perusahaan.

Dengan memahami konsep-konsep dalam marketing, diharapkan kamu mampu meningkatkan harga dari skillyang kamu miliki.

Value Propositions

Dalam dunia marketing dikenal sebuah konsep value propositions, yaitu konsep untuk menambah nilai dari produk yang akan dijual. Pelanggan akan lebih senang jika produk yang mereka beli memiliki kualitas lebih baik dibandingkan produk lain yang sejenis.

Berusahalah untuk meningkatkan skill melebihi batas kemampuan yang kamu miliki saat ini. Jika kamu saat ini bekerja sebagai karyawan di sebuah toko, kamu bisa mencoba belajar marketing terkait penjualan seperti bagaimana memberi pelayanan yang lebih baik pada pelanggan ataupun menambah pengetahuan tentang internet marketing.

2. Kamu Akan Lebih Mampu Memahami Orang Lain

Semua perusahaan yang hebat selalu meluncurkan produk-produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Seakan mereka mampu memahami apa yang sebenarnya ada di benak pelanggan. Pemahaman akan keinginan pelanggan dalam konsep marketing dikenal dengan istilah customer insight.

Customer Insight

Perusahaan yang hebat tidak asal-asalan dalam meluncurkan produk baru. Tim marketing mereka telah bekerja mengumpulkan data dari apa yang diinginkan pelanggan dengan berbagai metode, salah satunya adalah survey langsung di lapangan.

Jika kamu belajar tentang customer insight, kamu akan mengerti konsep-konsep yang harus kamu miliki untuk bisa lebih memahami keinginan dari teman, kolega, keluarga, ataupun perusahaan tempat kamu bekerja. Kamu akan memberi kebahagiaan bagi orang-orang di sekitar kamu.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan Lama

Alih-alih mencari pelanggan baru, kebanyakan marketer hebat justru berupaya menjaga hubungan baik dengan para pelanggan lama mereka.

Tim marketing dari perusahaan hebat selalu berusaha untuk selalu dekat dengan para pelanggannya. Mereka selalu memberi banyak kemudahan bagi pelanggan lama melalui berbagai program seperti program garansi, servis gratis ataupun membership.

Memberi ucapan selamat pagi kepada teman atau keluarga tentu akan menjaga keakraban hubungan kamu. Hadiah kecil yang tidak harus mahal untuk hari spesial seperti ulang tahun juga bukan hal sulit untuk kamu lakukan.

Memberi kebahagiaan kecil bagi mereka yang memiliki hubungan baik dengan kamu akan menguatkan kesetiaan mereka untuk dekat denganmu.

4. Bijaksana dalam Mengambil Keputusan

Marketing memiliki peran strategis dalam perusahaan. Data-data yang dimiliki tim marketing seperti customer insight, data penjualan, data market share, dan data-data lainnya menjadi salah satu bahan pertimbangan terkuat dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Sama halnya dalam kehidupan, kamu selalu dihadapkan pada banyak pengambilan keputusan. Dengan memahami konsep marketing kamu akan terbiasa mengambil keputusan berdasarkan data, bukan sekedar intuisi.

Meskipun terkadang pengambilan keputusan berdasarkan intuisi ini juga tidak terlalu buruk, namun dengan menggunakan data dan fakta, ketepatan pengambilan keputusan akan menjadi jauh lebih baik.

5. Meningkatkan Kemampuan Presentasi

Jika kamu membeli produk dengan merek terkenal, kamu tidak akan mendapati mereka meluncurkan sebuah produk dengan tampilan yang buruk. Tim marketing tidak akan rela membiarkan produknya dipkamung sebelah mata oleh para pelanggan, mereka sangat memperhatikan penampilan meskipun itu hanya pembungkus (packaging).

Jika kamu membeli produk-produk dengan merek seperti Prada, Gucci ataupun Louis Vuitton (LV), dipastikan bahwa kamu tidak akan mendapat tas kresek warna hitam sebagai pembungkusnya. Pembungkus merek-merek ini selalu bernilai lebih baik dibanding kompetitornya.

Kamu Selalu Presentasi Setiap Hari

Presentasi tidak hanya ada dalam meeting ataupun acara seminar. Penampilan kamu sehari-hari pun merupakan presentasi. Kamu harus ingat bahwa kamu menjual diri kamu dan ingin dihargai dengan pantas seperti point nomor 1 di atas. Maka yang harus kamu lakukan adalah berpenampilan yang rapi, tidak harus mahal, yang penting rapi. Usahakan pakaian kamu bersih dan di setrika dengan baik.

Memang benar bahwa banyak orang-orang sukses berpenampilan sangat santai, tetapi jauh lebih banyak dari mereka yang berpenampilan rapi. Jika kamu berpikir bahwa penampilan bukan segalanya, mungkin hal itu memang benar, tetapi penampilan kamu mencerminkan siapa kamu dan menyimpulkan kesan orang lain terhadap kamu (terutama orang yang belum mengenalmu).

6. Meningkatnya Skill Berkomunikasi

Marketing memahami aspek komunikasi yang tepat untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang akan dijual. Ini bukanlah komunikasi untuk membohongi pelanggan, karena pelanggan akan menilai sendiri kualitas dari produk yang dibeli dengan janji yang diberikan saat proses transaksi.

Pelanggan yang kecewa dan merasa tertipu tidak akan kembali. Tidak jarang mereka menyebarkan informasi keburukan perusahaan penyedia produk ke seluruh dunia melalui internet. Konsep marketing  mengharuskan komunikasi yang efektif, meyakinkan dan tetap jujur.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... saya Aris. Saya ingin sharing sama kamu tentang banyak hal, termasuk pengembangan teknologi digital kekinian. Jika kamu suka atau memiliki saran untuk artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini dengan klik tombol sharing yang tersedia. Ayo berbagi ilmu, berbagi kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap