bisnis waralaba cover
Bisnis Waralaba; Pengertian dan Analisis Prospek
January 26, 2020
Warren Buffett; 10 Pelajaran Hidup Investor Sukses
January 26, 2020

Kegagalan Steve Jobs; Dipecat dari Perusahaan Sendiri

steve jobs cover post new

steve jobs cover post new

Kegagalan Steve Jobs menjadi luka yang menyakitkan. Namun siapa sangka bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir, namun menjadi awal dalam kebangkitan karirnya.

Bersama Steve Wozniak, Steve Jobs membuat komputer pertamanya di garasi milik orang tua Jobs. Dimulai dari ketertarikan Jobs pada komputer buatan Wozniak yang mampu dikombinasikan dengan layar monitor sebagai tampilan visualnya.

Mereka membawa komputer rakitan mereka dan mempresentasikannya di Homebrew Computer Club sekitar 1975-1976. Paul Terrell, pemilik toko komputer “Byte Shop” tertarik membelinya dengan nilai transfer US$ 500 per unit. Apple I Computer terjual 50 unit kala itu.

Apple Computer terus berkembang dan saat ini siapa yang tidak mengenal Apple Inc? Tahun 2015-2016 Apple Inc menjadi perusahaan dengan market value tertinggi di dunia (statista.com), serta berada di posisi #8 sebagai perusahaan publik terbesar di Dunia. (Forbes 2019)

1. Kegagalan Steve Jobs

Penjualan produk Apple Computer untuk Lisa dan Macintosh cukup memprihatinkan. Lisa adalah personal computer yang diluncurkan pada 19 Januari 1983. Lisa dijual dengan harga yang tinggi, US$ 9,995 per unit. Imbasnya, Lisa hanya mampu terjual sekitar 10 ribu unit. Hal ini menjadikan Steve Jobs dikeluarkan dari Lisa Project.

Keluar dari Lisa Project, Jobs bergabung dengan Macintosh ProjectMacintosh dirancang untuk menciptakan komputer yang lebih baik dari Lisa namun lebih murah. Sejak diluncurkan pada 1984, Macintosh pun ternyata tidak mampu memberikan hasil penjualan yang bagus. Pada akhir tahun 1984 Macintosh hanya mampu membukukan penjualan hampir 250 ribu unit.

Penjualan yang terus mengecewakan menjadi pil pahit yang harus ditelan Steve Jobs, pada 1985 Jobs DIPECAT dari perusahaan yang didirikannya.

2. Luapan Kebangkitan

Keluar dari Apple Inc, Steve mendirikan NeXT Inc pada 1985. Pada awalnya NeXT dirancang sebagai perusahaan komputer, namun kemudian berkembang sebagai perusahaan software (operating system) saja. Penjualan komputer NeXT diyakini hanya mampu terjual sekitar 50 ribu unit.

Selain mendirikan NeXT Inc, Steve juga membeli Pixar Animation Studios. Perusahaan animasi yang akhirnya menjadikan Jobs sebagai billionaire ketika perusahaan ini goes public pada 1995. Pixar Animation Studiosmenghasilkan animasi yang sangat populer hingga saat ini, yakni Toy Story, Cars, Finding Nemo, dll.

Pada 1996, CEO baru Apple, Gillbert Amelio harus menghadapi kenyataan jatuhnya saham Apple. Merasa khawatir dengan kondisi perusahaan, Gill mengundang Steve Jobs untuk kembali ke Apple sebagai konsultan. Namun para pemegang saham Apple justru mengharapkan Steve Jobs kembali sebagai CEO Apple.

Steve Jobs menjabat CEO Apple di tahun 1997 dalam kondisi perusahaan mengalami krisis dan hampir bangkrut. Apple membeli NeXT dan menutup semua project di Apple untuk berfokus hanya pada pembuatan komputer yang pada akhirnya melahirkan iMac dan diluncurkan pada 1998. iMac mencatatkan sejarah baru bagi Apple sebagai personal computer dengan penjualan tercepat.

imac evolution

3. Pembelajaran

Saya yakin bahwa satu-satunya hal yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan.

(Pidato Steve Jobs pada acara kelulusan di Stanford University, 2005)

Steve Jobs selalu yakin dan setia dengan apa yang dimimpikannya serta bekerja sesuai dengan apa yang dicintainya. Dalam riwayat pekerjaan yang diambil, tidak ada satu pun yang keluar dari seputar komputer (teknologi). Steve Jobs menjadi EXPERT dalam bidang komputer dan mempercayai bahwa ciptaannya adalah karya seni.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... Saya Aris, IT Project Manager sekaligus penulis website ini. Semoga apa yang saya bagikan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda secara personal ataupun untuk bisnis Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar atau bisa email saya dengan klik "Konsultasi Digital Tech" yang ada di menu kanan atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap