pengertian manajemen bisnis cover
Apa itu Manajemen? Fungsi Manajemen dan Manajemen Bisnis
February 27, 2020
alur pembuatan website cover
Alur Pembuatan Website Bisnis dengan Konsep Manajemen Waterfall
July 19, 2020

Introduction Pembuatan Website Sebagai Media Digital Marketing

introduction pembuatan website cover

introduction pembuatan website cover


Sebagaimana kita ketahui, pembuatan website biasanya tidak lepas dari kepentingan aktivitas digital marketing. Hal ini dikarenakan website bisa dibilang adalah identitas sebuah bisnis di jagat maya. Bahkan tidak terkecuali website personal sekalipun.

“Loh, memang website personal juga bisa untuk digital marketing?” Jawaban saya adalah, “Why Not?” Sebagaimana kita ketahui bahwa banyak selebritis terkenal juga membangun website untuk mempertahankan komunitas para fans setianya. Sebut saja Justin Bieber yang tetap memberikan update schedule manggung kepada fans melalui website justinbiebermusic.com. Ada pula yang menjual merchandise bagi fans setia Selena Gomez di store.selenagomez.com.

Proses Pembuatan Website itu Cepat Atau Lambat?

Beberapa faktor dapat mempengaruhi proses pembuatan website, bisa dari client ataupun dari tim development project tersebut. Dari pengalaman yang saya temui di lapangan, sebuah website company profile bisa selesai dalam hitungan satu sampai dua minggu. Namun tidak sedikit pula yang butuh waktu beberapa bulan, bahkan ada yang lebih dari setahun.

Sejauh ini ada 3 faktor utama paling umum yang bisa mempengaruhi jalannya proses pembuatan website. Faktor pertama adalah planning atau perencanaan. Banyak client masih bingung dan belum tahu detail website yang diinginkan. Maka peran dari seorang project manager di sini adalah menampung semua keinginan client dan membantu menyusun masterplan project. Hasil dari konsultasi antara client dengan project manager menentukan plan mana saja yang possible untuk bisa masuk ke proses development.

Faktor kedua adalah kesiapan konten. Sebuah website tentunya bukan hanya urusan coding, tetapi juga konten yang menyertai seperti penggunaan teks, gambar maupun video. Sejak awal perlu disepakati antara client dengan project manager terkait siapa yang akan menyiapkan konten. Terkadang hal ini menjadi kendala yang membuat sebuah project berjalan lambat. Tentu saja ada kondisi dimana website secara teknis sudah selesai namun belum bisa go-live dikarenakan konten yang belum siap.

Faktor ketiga adalah beberapa hal terkait teknikal. Pemegang tanggung-jawab terbesar dalam urusan teknikal ini biasanya berada di pihak tim development. Hal ini tentu saja karena berkaitan dengan teknis pembuatan website, seperti code structure, database, integration, dan sebagainya.

Pembuatan Website Mahal atau Murah?

Berkaitan dengan harga pembuatan website, sebenarnya hal ini termasuk relatif. Realitanya adalah ketika saya menawarkan sebuah layanan website dengan fitur yang sama, ada client yang berkomentar mahal, namun tidak sedikit pula yang merasa harganya cukup fair.

Jika Anda seorang client dari web developer, penting untuk melakukan analisis kualitas website yang dihasilkan seperti design, fungsi fitur-fitur di dalamnya atau integrasinya. Bahkan layanan after-sales seperti garansi, maintenance, hingga layanan server juga patut untuk jadi pertimbangan.

Tips Membuat Website dengan Budget Efisien

Jika Anda sebagai client yang paham potensi bisnis dari sebuah website, biasanya konsentrasi utama bukanlah soal harga. Melainkan selama harga yang ditawarkan tidak overprice maka masih terbilang cukup oke. Maksudnya adalah harga yang diberikan sesuai dengan kualitas yang diberikan. Ada beberapa tips agar Anda tidak terjebak dalam budgeting yang overprice.

1. Kunci Masterplan Project Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebelum proses pembuatan website dimulai terdapat persiapan masterplan project. Sebagai client Anda harus memutuskan dengan yakin sistem apa saja yang akan dipakai di dalam website. Hindari fungsi-fungsi yang sifatnya tidak terlalu penting atau jarang digunakan, karena makin banyak fungsi makin banyak waktu dan dana yang dibutuhkan.

Prioritaskan beberapa fungsi yang memang urgent and important. Pastikan juga tidak ada lagi penambahan selama proses development, karena hal ini bisa mempengaruhi durasi pengerjaan project. Semakin lama project berjalan, semakin banyak waktu dan biaya yang harus Anda keluarkan.

2. Pilih Tim Development yang Tepat

Saat memilih vendor atau tim development, pastikan Anda melihat beberapa contoh website yang bisa mereka bangun. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan dana, namun website tak kunjung selesai atau hasilnya tak sesuai harapan.

Beberapa contoh kasus yang sering terjadi adalah, saat website sudah selesai, ternyata client merasa hasilnya tidak sesuai dengan plan di awal. Akhirnya tidak menunggu waktu cukup lama (biasanya beberapa bulan kemudian) direncanakan proses revamp atau membuat ulang website dengan tim development yang berbeda. Hal ini tentu tidaklah sulit jika Anda memiliki sumber pendanaan tak terbatas, tetapi menjadi masalah serius jika dana Anda terbatas.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... Saya Aris, IT Project Manager sekaligus penulis website ini. Semoga apa yang saya bagikan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda secara personal ataupun untuk bisnis Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar atau bisa email saya dengan klik "Konsultasi Digital Tech" yang ada di menu kanan atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap