belajar marketing cover
Manfaat Belajar Marketing, Meskipun Kamu Bukan Seorang Marketer
January 26, 2020
steve jobs apple iphone cover
Kegagalan Steve Jobs; Dipecat dari Perusahaan Sendiri
January 26, 2020

Bisnis Waralaba; Pengertian dan Analisis Prospek

bisnis waralaba cover

bisnis waralaba

Bisnis waralaba pasti bukan hal yang terdengar asing di telinga kamu. Bahkan setiap hari pun bisa dipastikan bahwa kamu menggunakan produk bisnis waralaba.

1. Pengertian Bisnis Waralaba

Dalam bahasa Perancis waralaba diartikan dengan: franchise, sedangkan arti dalam bahasa Inggris; franchising, yang menurut kamus Oxford bermakna sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk maupun jasa.

Pengertian waralaba menurut PP No. 16 Tahun 1997, pasal 1 ayat 1; Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut, dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.

2. Tidak Perlu Dihafal, Mari Kita Pahami

Waralaba memungkinkan seseorang memiliki usaha yang identik dengan orang lain. Tentu saja identik ini diartikan sebagai benar-benar sama, bukan lagi mirip.

Contoh yang real dan sering kita saksikan adalah KFC (Kentucky Fried Chicken). Di kota-kota besar di Indonesia, sangat mudah kita menjumpai KFC bukan. Apa perbedaan KFC di setiap kota? Hampir tidak ada perbedaan sama sekali. Mereka menggunakan nama yang sama (KFC), logo yang sama, warna yang sama, hingga daftar menu yang sama.

Selain KFC tentunya masih banyak contoh waralaba lainnya, dari perusahaan besar hingga perusahaan kecil. Sebut saja McDonald’s, Indomaret, Superindo, Kebab Turki Baba Rafi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Mengapa Banyak Orang Berbisnis Waralaba?

Jawaban paling sederhana untuk pertanyaan ini adalah karena waralaba menawarkan bisnis yang sangat mudah.

Kita ambil contoh ilustrasi misalnya kamu sedang jalan-jalan di luar kota dan kamu menemukan sebuah outlet yang menjual makanan unik, yakni pisang goreng rasa jambu. Diketahui outlet tersebut bernama Pisang Ajaib.

Dari kejadian tersebut kamu mempertimbangkan, bahwa ternyata rasa pisang goreng rasa jambu ini sangat enak. Selain itu banyak orang yang rela antri  untuk membeli pisang goreng di outlet yang kamu temui tersebut.

Dari kondisi tersebut kamu berpikir, Apakah pisang goreng ini akan laris jika dijual di kota kamu? Siapa kira-kira calon pembelinya dan berapa besar jumlahnya?

4. Pengambilan Keputusan

Setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirnya kamu memutuskan untuk berbisnis pisang goreng ini dengan model bisnis waralaba. kamu menginginkan menu dan resep yang sama, serta merek yang sama.

Maka kamu hanya perlu mencari lokasi strategis yang bisa digunakan untuk outlet kamu nantinya. Bahkan beberapa perusahaan waralaba siap mengirimkan agennya untuk membantu mencarikan lokasi strategis untuk bisnis kamu.

Kamu tidak perlu repot memikirkan konsep dan desain outlet, resep pisang goreng, ataupun kemana harus mencari bahan-bahan pembuatannya. Semua disediakan oleh perusahaan waralaba jika kamu bersedia membayarkan sejumlah uang kesepakatan untuk membeli Merek Dagang mereka (royalty).

5. Pertimbangan Sebelum Berbisnis Waralaba. Penting!

Banyak perusahaan waralaba yang menjanjikan kemudahan sehingga bagi kamu yang belum terbiasa berbisnis akan sangat terlena dengan tawaran kemudahan ini.

Pada dasarnya sama dengan membangun bisnis dari awal, kamu harus benar-benar merencanakan dengan matang sebelum mengeluarkan modal dan menjalankan bisnis.

Kamu harus menyadari dan berhati-hati bahwa tidak semua perusahaan yang menawarkan bisnis waralaba adalah perusahaan yang telah memiliki reputasi baik dalam bisnisnya.

Mungkin saja produk pisang goreng tadi sangat laris di kota A, sedangkan kondisinya akan berbeda jika diterapkan di kota kamu. Atau bisa saja setelah kamu bergabung dan mulai membuka bisnis kamu sendiri lantas perusahaan lepas tangan tanpa adanya pendampingan lebih lanjut.

Berikut ini ada 2 tips yang bisa kamu gunakan sebelum membuka bisnis waralaba:

  1. Kamu harus memastikan apakah perusahaan yang menawarkan bisnis waralaba ini memang memiliki kredibilitas yang telah terbukti atau tidak. Karena banyak perusahaan yang sebenarnya belum memiliki pondasi kuat namun memaksakan untuk membuka kerjasama waralaba.
  2. Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan, kamu harus memiliki pemikiran seperti mendirikan bisnis dari awal. Sangat penting untuk mengetahui besar pasar dan pangsa pasarnya secara akurat, sehingga ketika bisnis mulai dibuka, bisa dipastikan akan ada orang yang membeli produk kamu.

Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang waralaba. Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada yang punya pengalaman waralaba, boleh lho dibagikan di kolom komentar.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... saya Aris. Saya ingin sharing sama kamu tentang banyak hal, termasuk pengembangan teknologi digital kekinian. Jika kamu suka atau memiliki saran untuk artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini dengan klik tombol sharing yang tersedia. Ayo berbagi ilmu, berbagi kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap