tugu jogja cover
Wisata Jogja dan Kenangan Angkringan; Catatan Kerinduan
January 26, 2020
pengertian bisnis online cover
Pengertian Bisnis Online, Peluang dan Contoh Kalimat Promosi
February 1, 2020

Bagaimana Cara Belajar yang Efektif dan Mudah Menghafal

Richard Feynman

Richard Feynman cover

Bagaimana Cara Belajar yang Efektif? Sudah banyak belajar tetapi banyak lupa? Teknik belajar berikut ini akan membantu kamu menghafal dengan lebih efektif.

Bagaimana Cara Belajar dengan Teknik Feynman

Tulisan ini akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan metode belajar menggunakan teknik Feynman. Mengapa dinamakan Feynman? Karena teknik ini sebenarnya adalah teknik yang dilakukan oleh fisikawan Amerika bernama lengkap Richard Phillips Feynman.

Feynman mendapat julukan the most brilliant, influential, and iconoclastic figure dalam bidang matematika dan fisika pada masa pasca perang dunia ke-2.

Sekedar informasi, Richard Feynman terkenal dengan teorinya tentang Quantum Electrodynamics, teori yang menjelaskan tentang hubungan antara cahaya dengan benda. Teori ini memberi pemahaman pada dunia sains tentang sifat gelombang dan partikel.

1. Mulai Membaca

Ambil secarik kertas dan sebuah buku yang ingin kamu pelajari. Pilih topik yang kamu mau. Mulai belajar dan pahami apa yang kamu baca. Kemudian tuliskan apa yang kamu pahami pada secarik kertas yang telah disiapkan tadi.

2. Menjadi Guru

Ketika menuliskan materi yang kamu pahami pada secarik kertas tadi, kamu harus menulis sambil membacanya dengan keras seperti sedang menjelaskan materi tersebut pada orang lain.

“If you can’t explain it to a six year old, you don’t understand it yourself.” (Jika kamu tidak bisa menjelaskan ‘sesuatu’ pada anak kecil berusia 6 tahun, maka kamu belum benar-benar memahaminya).
– Albert Einstein

Sama seperti yang Einstein sampaikan, Feynman juga memiliki prinsip yang sama. Belajarlah seperti seorang guru yang sedang menjelaskan suatu topik/materi. Jika murid yang kamu jelaskan mampu memahami, itu artinya kamu benar-benar memahami secara mendalam materi yang kamu sampaikan.

3. Mengulang Materi

Jika kamu mengalami kebuntuan dalam menjelaskan, ulangi belajarmu sampai kamu bisa menjelaskan dengan baik. Jelaskan semua materi atau topik dari awal sampai akhir.

Ketika kamu mampu menjelaskan dari awal sampai akhir, ulangi kembali penjelasanmu. Pada pengulangan ini, kamu harus mampu menyampaikan dengan bahasa yang lebih sederhana. Bila perlu buatlah grafik atau ilustrasi tentang poin-poin dari topik yang kamu sampaikan.

4. Efektivitas

Poin penting yang harus benar-benar diperhatikan adalah efektivitas dalam penyampaian. Gunakan bahasa sesederhana mungkin agar siapapun yang mendengar bisa memahami dengan baik.

Jika kamu mampu menjelaskan sebuah topik dengan efektivitas yang baik, maka kamu akan bisa mengingat topik tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Richard Feynman terkenal sering bertanya kepada sesama matematikawan pada masanya untuk menjelaskan suatu topik dengan sesederhana mungkin. Tak jarang pertanyaannya juga hanya ingin sekedar menguji matematikawan lain tentang seberapa jauh pemahaman mereka atas konsep yang mereka jelaskan.

Nah, apakah kamu sudah mulai bergairah setelah mengetahui bagaimana cara belajar dengan teknik Feynman? Semoga tulisan ini bermanfaat, tetap semangat dalam belajar dan menguasai kemampuan baru yang menunjang impianmu ya.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika kamu punya pengalaman belajar yang seru dan menarik. Mari berbagi artikel dari JustAris.com jika dirasa bermanfaat.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... saya Aris. Saya ingin sharing sama kamu tentang banyak hal, termasuk pengembangan teknologi digital kekinian. Jika kamu suka atau memiliki saran untuk artikel ini, silahkan tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini dengan klik tombol sharing yang tersedia. Ayo berbagi ilmu, berbagi kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap