SEO image cover new
Apa itu SEO? Pengertian SEO dan Manfaatnya dalam Bisnis
February 22, 2020
introduction pembuatan website cover
Introduction Pembuatan Website Sebagai Media Digital Marketing
July 19, 2020

Apa itu Manajemen? Fungsi Manajemen dan Manajemen Bisnis

pengertian manajemen bisnis cover

pengertian manajemen bisnis cover

Manajemen adalah membuat sebuah sistem menjadi lebih cerdas dan mudah. Fungsi manajemen sangat vital terutama aplikasinya dalam manajemen bisnis. Mari kita bahas beberapa hal seputar manajemen.

Apa itu Manajemen?

Ditinjau dari sisi etimologi, manajemen merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “management”, dimana kata dasarnya adalah manage. Manage sendiri berasal dari bahasa Perancis kuno, ‘manege’ atau ‘maneggio’ dalam bahasa Italia, yang berarti kendali. (etymonline). Jika dikembangkan lebih lanjut, manajemen adalah kendali atas seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara yang efisien. 

Jika dilihat dari catatan sejarah, konsep manajemen berkembang sangat pesat saat terjadi revolusi industri sekitar tahun 1900 an. Salah satu tokoh yang paling dihormati dan dianggap sebagai bapak manajemen ilmiah adalah Frederick Winslow Taylor. Beliau adalah seorang insinyur teknik asal Amerika yang terkenal karena konsep efisiensi industri.

Sejarah Manajemen Industri

Sejarah manajemen industri bermula dari ketidakpuasan Taylor terhadap dunia industri pada masa itu, dimana satu pekerjaan yang sama bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda. Tidak ada standarisasi menyebabkan kualitas hasil produksi menjadi tidak sama. 

Menurut Taylor, secara keseluruhan tingkat potensi efektivitas kerja yang dihasilkan hanya sepertiga dari potensi maksimal. Akhirnya selama 20 tahun Taylor berusaha menciptakan rumusan standarisasi teknik dengan metode ilmiah. Kemudian konsep ini berkembang sebagai konsep manajemen ilmiah.

Fungsi Manajemen

Ada beberapa konsep yang menjelaskan tentang fungsi manajemen, yang terkenal adalah POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Selain itu ada juga yang memberikan konsep sejenis yaitu PODC (Planning, Organizing, Directing, Controlling). Tetapi bagi saya pribadi, apapun konsepnya manajemen harus bisa berfungsi mengorganisir pekerjaan individu dan kelompok dengan efisien.

Kita tidak akan bahas keduanya (POAC dan PODC), kita akan pilih salah satu. Dan diantara keduanya yang paling banyak beredar di buku-buku manajemen adalah POAC sebagai fungsi dari manajemen.

Planning (Perencanaan)

Pada tahap ini manajemen berfungsi untuk menentukan tujuan akhir (goal) yang ingin dicapai. Selanjutnya dari tujuan akhir tersebut dibuatkan penjabaran yang lebih detail tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh Kasus Perencanaan:

Budi ingin berbisnis menjual roti. Kemudian ia menetapkan goal yang ingin dicapai adalah bisa memproduksi 100 potong roti dan mendistribusikannya ke toko-toko di kota Jakarta.

Dari kondisi tersebut, Budi akan membuat rincian proses dari produksi, pengemasan hingga distribusi. Pada proses produksi ia membuat rincian berapa banyak tepung yang dibutuhkan, berapa banyak gula, kemudian mesin apa saja yang diperlukan, dst.

Selanjutnya pada proses pengemasan pun Budi membuat rincian tentang bahan kemasan apa yang dipakai, tanggal berapa kadaluarsanya, dst. Kemudian di bagian distribusi terdapat rincian tentang alat transportasi apa yang digunakan, rute mana yang perlu diambil menuju toko, dst.

Organizing (Pengorganisasian)

Pada tahap ini manajemen berfungsi untuk membagi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan fungsinya. Biasanya pembagian tugas ini diawali dengan pembagian kelompok besar, seperti bagian produksi, administrasi, keuangan, marketing, dst.

Jika organisasinya cukup besar, tiap-tiap kelompok atau divisi wajib memiliki pemimpin. Umumnya pimpinan tiap kelompok disebut kepala bagian atau manajer. Tugas para manajer ini adalah dapat memberikan pengarahan kepada anggotanya tentang bagaimana teknis pelaksanaan di lapangan.

Actuating (Pelaksanaan)

Manajemen berfungsi sebagai standar pelaksanaan kerja di semua divisi. Semua standar harus bisa terukur, mulai dari jam kerja, standar kualitas, sampai kapasitas kerja. Kemudian tujuan dari actuating ini adalah agar semua individu yang terlibat mampu bekerja secara maksimal agar mencapai goal yang sudah direncanakan.

Controlling (Pengendalian)

Manajemen berfungsi sebagai pengendalian atau pengawasan dari seluruh aktivitas organisasi. Pada tahap ini semua bagian akan dievaluasi apakah telah mencapai goal yang direncanakan atau tidak. Secara umum proses controlling ini adalah mengukur dan membandingkan seluruh pelaksanaan. 

Beberapa pertanyaan yang perlu diajukan dalam proses controlling ini adalah “Apakah aktivitas saat pelaksanaan telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan?” Kemudian pertanyaan berikutnya adalah, “Apakah hasil yang dicapai saat ini lebih baik dari pencapaian di periode sebelumnya?” Selanjutnya adalah, “Apakah proses pelaksanaan bisa dibuat lebih efisien untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal?”

Manajemen Bisnis

Berikutnya yang ingin kita bahas adalah bagaimana penerapan manajemen dalam dunia bisnis. Jika Anda membaca dengan seksama apa yang saya tulis di atas, saya yakin Anda bisa menyimpulkan tentang apa itu manajemen bisnis.

Manajemen bisnis adalah seluruh aktivitas mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengendalian yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Kemudian apa itu tujuan bisnis? Tujuan bisnis adalah mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli, baik berupa produk fisik, digital, maupun jasa.

Setidaknya ada empat manajemen yang diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Keempat manajemen itu antara lain manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen operasional, manajemen marketing, dan manajemen keuangan.

Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen SDM adalah mengelola seluruh individu yang ada di dalam organisasi bisnis agar bekerja secara maksimal dan memberikan kontribusi positif bagi bisnis tersebut. Perlu diketahui bahwa hal yang paling utama dalam sebuah bisnis adalah siapa orang yang bekerja di bisnis tersebut. 

Terlepas dari apapun produk atau jasa yang ditawarkan, kebanyakan orang cenderung masih melihat siapa yang menawarkan. Hal ini pasti sangat dirasakan dalam bisnis yang masih dalam tahap berkembang. Oleh karena itu, pengelolaan SDM menjadi hal utama untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah pengelolaan seluruh kegiatan operasi perusahaan terutama aktivitas setiap harinya. Kemudian seorang manajer harus mampu memberikan pengarahan agar seluruh orang yang terlibat bisa memahami apa tugas dan goal nya masing-masing. Bagian ini memerlukan standar penilaian, baik dari individu yang bekerja di dalamnya maupun mesin atau alat yang digunakan.

Manajemen Marketing

Manajemen marketing adalah mengelola aktivitas marketing agar mencapai transaksi bisnis yang diharapkan. Bagian marketing biasanya dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil lagi, seperti bagian sales, digital marketing, community, public relation, dll. Tujuan dari bagian marketing adalah bagaimana calon pelanggan mengerti atau kenal dengan bisnis Anda, dan mengkonversikannya menjadi pelanggan Anda.

Baca juga: Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli, Strategi, dan Perkembangannya di Indonesia

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah mengelola keuangan perusahaan agar tetap dalam kondisi yang sehat. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah agar seluruh data keuangan perusahaan dapat dilaporkan secara real-time. Kemudian laporan keuangan tersebut dijadikan pedoman untuk pengambilan kebijakan seperti pembelian aset, penambahan karyawan, dll.

Demikian pembahasan sekilas mengenai pengertian manajemen dan fungsinya, serta penerapan manajemen dalam dunia bisnis. Semoga bisnis Anda semakin sukses, berkah dan bermanfaat bagi banyak orang. Aamiin.

Aris Prayitno
Aris Prayitno
Hai... Saya Aris, IT Project Manager sekaligus penulis website ini. Semoga apa yang saya bagikan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda secara personal ataupun untuk bisnis Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan pesan di kolom komentar atau bisa email saya dengan klik "Konsultasi Digital Tech" yang ada di menu kanan atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap